BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG

 BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG

BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG
Budaya pesta calon mempelai rasanya sudah menjelma ihwal yg lumrah diadakan buat kandidat mempelai yang bakal menikah, khususnya yang tinggal di ibukota. Menyaksikan foto-foto pesta calon mempelai di medsos khususnya para celebritis yg wah bersama cute, penulis pun kemudian berpikir “Ahhhh penulis pun pengen mengadakan bridal shower!” Tetapi buat siapa? Setelah penulis berpikir seperti itu, tiba-tiba saya dihubungi teman saya yang berencana menikah bulanan depan dan dia pun mengajak ketemuan. Saya pun terbesit bakal mengadakan pesta bujang cewe kecil-kecilan buat teman penulis bersama 1 orang teman. Sebab wkt mepet (hanya 3 hari!) serta besaran peserta hanya 3 orang total sudah tertanam kandidat pengantin, kami pun memutuskan untuk melakukan semuanya sendiri, dgn kata lain DIY (Do-It-Yourself).

BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG
Menurut artikel yang penulis baca, definisi Bridal Shower adalah:
  • Perhelatan belum ada pasangan yang diadakan oleh teman-teman dekat & saudara kandidat mempelai wanita
  • Penyelenggara pesta ini rata-rata para bridesmaid yg ditunjuk
  • Tamu yang hadir masa pesta calon pengantin merupakan tamu yg diundang ke resepsi pernikahan
  • Rata-Rata juga menjadi surprise resepsi yang direncanakan diam-diam nggak pake sepengetahuan calon pengantin
  • Diadakan 4-6 minggu sebelum tanggal wedding (untuk menghindarkan kesibukan kandidat pengantin yang makin lama menumpuk menjelang 24 hour H)

Kalo menurut tradisi barat, bridal shower juga berubah ajang kandidat brides membuka kado yg disampaikan oleh para teman-teman bersama saudara. Tetapi di Indonesia, kita baru membagikan ang pao/hadiah di 24 hour H pernikahan, jadi penulis tak mengadaptasi budaya yang 1 ini pada bridal shower yang saya adakan. Berikut pola mengadakan pesta calon mempelai DIY dari pengalaman saya:

BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG
Cari Referensi & Tentukan Tema Warna
Bakal yang blm familiar dgn bridal shower, lakukan studi sebanyak mungkin utk memandang sebagaimana apa dekorasinya, apa saja yg dibutuhkan, dll. Cari referensi sebanyak-banyaknya dengan searching via Google Images maupun Pinterest. Setelah ada bayangan, tentukan tema warna yg bakal digunakan. Nggak ada patokan warna yg paten utk bridal shower, tetapi umumnya memakaikan warna-warna yg cerah. Berhubung teman saya kegemaran corak hijau, ide pesta calon pengantin yang saya pakekan adalah “Fifty Shades of Green” dgn berbagai macam macam gradasi warna hijau dengan base warna putih.

BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG
Tentukan Berapa Byk Penghias yang Diharuskan serta Dana yg Tersedia
Besaran riasan memastikan anggaran yang bakal dikeluarkan. Peralatan penghias yang kepingin diperlukan pun fleksibel & bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Misalnya, penulis ingin balon corak hijau beserta putih namun tidak mempunyai pompa balon, jadi penulis putuskan tidak usah pake balon maupun dekorasi yang bersifat digantung di plafon sebab memasangnya sulit.Ini list peralatan yang penulis gunakan:
  • Taplak meja putih
  • Pigura
  • Stationary set (placemat, table name card, tusukan cupcake bersama welcome sign bakal pigura)
  • Cupcake
  • Pom pom paper flower
  • Artifical flower + vas botol
  • Bendera/banner “bride to be”
  • Veil + selempang
Hubungi teman-temanmu dan cari apakah ada yg mampu dipinjam, tentukan mana yang mesti dibuat serta mana yang butuh dibeli. Bagi stationary, teman saya yang mendesain (bisa ambil free template) kemudian penulis yang print di rumah. Pigura, taplak meja dengan bunga dibawa dari rumah. Pom pom paper flower dengan kue mangkok mesti berbelanja karna tidak sempat menyebabkan sendiri. Veil + selempang pinjam dari teman yg sebelumnya tahu mengadakan bridal shower, setelah itu untuk vas termos saya bagi sendiri dari botol UC1000 yang ditempel renda dengan pita. Buat banner saya ambil free template kemudian dicetak di kertas manila putih.

BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG
Cari Wadah yang Sebati bersama Untuk ReservasiKalo udah ada gambaran tentang dekorasi, ekspres cari restoran/cafe yang bakal dipegunakan sebagai venue serta ekspres hubungi via telepon. Ruang juga dpt menjadi hal bagi riasan serta budgetmu karna tak semua wadah mengizinkan meja/temboknya didekor bersama beberapa tempat juga mengenakan charge. Jadi, pastikan ekstra dulu ada/tidaknya charge lbh & boleh/tidaknya mendekorasi restoran/cafe yg akan anda kunjungi. Kebetulan pegawainya pun ramah-ramah dan nggak keberatan diminta mengambil gambar photo meskipun suasana cafe sedang ramai waktu itu.

Kalau restoran/cafe yg hendak jurangan pake selamanya ramai masa weekend, extra positive reservasi extra dulu H-1 via telepon agar dapat bisa spot & nominal meja tempat duduk yang sesuai.

BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG

 BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG

Untuk To-Do-List dengan Update Progress
K'Lo penghias serta tempat sudah di-booking, segera utk tugas bagi menentukan siapa yg bertugas membuat/dekorasi peralatan, order kue, memesan peralatan, hingga yang datang duluan bakal mendekorasi tempat. Lama Kelamaan banyak riasan yang hendak dipakai, semakin banyak pula wkt yang hendak dibutuhkan. Ekstra bagus cicil tiap day dengan jangan lupa kabari teman-temanmu sudah sampai mana perkembangannya.

Terus-Menerus ingatkan teman-temanmu apa yang sudah bersama apa yang blm karena pace kerja semua orang blm tentu sama. Jika dirasa sulit, komunikasikan bersama cari solusinya bersama. Menciptakan props bakal pesta bujang cewe menyenangkan kok, asalkan bro/sis sabar, telaten & nggak berantakan mengerjakannya

BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG
Keep in Touch dengan Kandidat Pengantin
Ini juga tidak kalah penting. Krn pesta calon mempelai juga bersifat kejutan party, pastikan bila kandidat pengantin sanggup hadir di tempat serta wkt yg sudah ditentukan. Tidak Boleh hingga tiba-tiba bintang pokok tidak bisa datang padahal seluruh sudah dipesan, sayang kan?

Meluangkan wkt sebelum perkawinan juga sesungguhnya merupakan persoalan yg pelik buat calon pengantin. Jadi ungkapkan keinginanmu kalau kamu serta teman-teman lainnya sebenarnya ingin bertemu bersama berkumpul sebelum melepas saat lajang. Dia pasti bakal mengerti maksud baikmu.

BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG
Persiapkan Mini Permainan Urusan Pembicaraan
K'Lo takut acara garing dgn kata lain kehabisan pembicaraan, pembaca juga mampu berburu rekomendasi fun games yang dpt dimainkan bersama. Kalo perhelatan direncanakan berlangsung lama, siapkan juga topik-topik yang akan didiskusikan, seperti kesiapan calon mempelai cewek dlm mempersiapkan pernikahan. Tidak jarang, calon brides berada di puncak stress tertingginya jadi pembaca juga bisa membuka sesi curhat supaya kandidat mempelai merasa lega ada yg mendengarkan.

BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG
Double-Check Perlengkapan Sebelum Berangkat
Karena wkt yang saya memiliki amat terbatas, saya nggak sempat mengecek apakah huruf yang penulis print buat menghasilkan banner udah lengkap sebelum berangkat. Ternyata, sesampainya di sana saya baru sadar ada 1 helai yang blm di-print. Akhirnya banner yang semestinya bertuliskan “Bride-To-Be” sekadar dpt berubah “Bride” saja Blm lagi kertas pom pom flower yg blm dikembangkan & nyatanya memerlukan wkt yg hyn lama karena kami baru kesatu kali memakaikan paper flower semacam ini. Jadi, selalu double-check ya girls!

BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG
Bersenang-Senang dengan Take Photos!
Setibanya di ruang acara berlangsung, tata seluruh peralatan di atas meja/dinding, persiapkan surprise sebaik mungkin bersama have fun! Jika bapak/ibu mengerjakan semuanya dari hati, pasti hasil akhir kerja keras kita mau tampak beserta menyentuh hati calon brides
 BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG

BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG

BUTIK GAUN ELEGAN BANDUNG

LihatTutupKomentar