BUAT DRESS BANDUNG

 BUAT DRESS BANDUNG

BUAT DRESS BANDUNG
Budaya bridal shower rasanya udah menjelma urusan yang lumrah diadakan utk kandidat brides yang akan menikah, terutama yang tinggal di ibukota. Menyaksikan foto-foto pesta calon mempelai di media sosial khususnya para artis yang wah & cute, saya pun sesudahnya berpikir “Ahhhh penulis pun ingin mengadakan bridal shower!” Namun bakal siapa? Setelah penulis berpikir semacam itu, tiba-tiba penulis dihubungi teman penulis yang berencana menikah bln depan bersama dia pun mengajak ketemuan. Saya pun terbesit bakal mengadakan pesta bujang cewe kecil-kecilan bakal sahabat saya bersama 1 orang teman. Karna masa mepet (hanya 3 hari!) beserta total peserta cuma 3 orang total udah tercatat bakal pengantin, kami pun memutuskan utk melakukan semuanya sendiri, dgn kata lain DIY (Do-It-Yourself).

BUAT DRESS BANDUNG
Menurut info yg penulis baca, definisi Pesta Calon Mempelai adalah:
  • Perjamuan belom ada pasangan yang diadakan oleh teman-teman dekat bersama saudara bakal mempelai wanita
  • Penyelenggara perhelatan ini lazimnya para bridesmaid yg ditunjuk
  • Tamu yang hadir masa pesta bujang cewe merupakan tamu yang diundang ke perhelatan pernikahan
  • Lazimnya juga berubah surprise perayaan yang direncanakan diam-diam minus sepengetahuan kandidat pengantin
  • Diadakan 4-6 minggu sebelum tanggal pernikahan (untuk menyelamatkan kesibukan bakal pengantin yg lama kelamaan menumpuk menjelang 24 jam H)

Kalau menurut tradisi barat, pesta bujang cewe juga berubah ajang calon brides membuka kado yg diberikan oleh para teman-teman bersama saudara. Namun di Indonesia, kita baru menghadiahkan ang pao/hadiah di 24 hour H pernikahan, jadi penulis tidak mengadaptasi budaya yg 1 ini pada pesta calon pengantin yg penulis adakan. Berikut cara mengadakan pesta calon pengantin DIY dari pengalaman saya:

BUAT DRESS BANDUNG
Cari Saran dengan Tentukan Ide Warna
Bagi yg belom familiar dengan bridal shower, lakukan pendalaman sebanyak mungkin buat melihat sebagaimana apa dekorasinya, apa saja yang dibutuhkan, dll. Cari saran sebanyak-banyaknya dengan searching via Google Images maupun Pinterest. Setelah ada bayangan, tentukan rancangan corak yang bakal digunakan. Enggak ada patokan warna yang paten bakal bridal shower, namun umumnya memakekan warna-warna yg cerah. Berhubung teman penulis kegemaran warna hijau, draf pesta calon mempelai yg penulis gunakan merupakan “Fifty Shades of Green” dgn beraneka ragam variasi gradasi warna hijau dengan base corak putih.

BUAT DRESS BANDUNG
Tentukan Berapa Byk Hiasan yg Diwajibkan & Bujet yang Tersedia
Besaran dekor memastikan uang yang akan dikeluarkan. Peralatan dekor yang pengen diperlukan pun fleksibel dan sanggup disesuaikan dgn kepentingan dengan kemampuan. Misalnya, saya mau balon warna hijau serta putih tapi enggak memiliki pompa balon, jadi penulis putuskan tak mesti pake balon ataupun hiasan yang bersifat digantung di plafon karena memasangnya sulit.Ini list peralatan yg penulis gunakan:
  • Taplak meja putih
  • Pigura
  • Stationary set (placemat, table name card, tusukan kue mangkok bersama welcome sign bagi pigura)
  • Cupcake
  • Pom pom paper flower
  • Artifical flower + vas botol
  • Bendera/banner “bride to be”
  • Veil + selempang
Hubungi teman-temanmu serta cari apakah ada yg bisa dipinjam, tentukan mana yg wajib dirancang & mana yg mesti dibeli. Utk stationary, teman saya yg mendesain (bisa ambil free template) selanjutnya penulis yg print di rumah. Pigura, taplak meja dengan kembang dibawa dari rumah. Pom pom paper flower beserta cupcake usah berbelanja karna tak sempat bikin sendiri. Veil + selempang pinjam dari teman yg sebelumnya sempat mengadakan bridal shower, lantas bagi vas termos saya bakal seorang diri dari termos UC1000 yg ditempel renda beserta pita. Untuk banner penulis ambil free template lalu dicetak di kertas manila putih.

BUAT DRESS BANDUNG
Cari Ruang yg Sinkron beserta Bagi ReservasiKalau sudah ada gambaran mengenai dekorasi, buru-buru cari restoran/cafe yg hendak diperlukan sbg venue & ekspres hubungi via telepon. Ruang juga dpt menjadi masalah untuk dekorasi beserta budgetmu krn tak seluruh wadah mengizinkan meja/temboknya didekor dengan nggak semua wadah juga mengenakan charge. Jadi, pastikan lbh dulu ada/tidaknya charge lebih serta boleh/tidaknya mendekorasi restoran/cafe yang akan jurangan kunjungi. Kebetulan pegawainya pun ramah-ramah dengan tidak keberatan diminta mengambil gambar foto kendatipun suasana cafe sedang ramai masa itu.

Kalo restoran/cafe yg bakal pembaca pakai selamanya ramai saat weekend, lebih positive reservasi lebih dulu H-1 via telepon agar dapat sanggup spot & nominal meja kursi yg sesuai.

BUAT DRESS BANDUNG

 BUAT DRESS BANDUNG

Utk To-Do-List serta Update Progress
Kalau dekor & ruang sudah di-booking, secepatnya buat tugas bakal menentukan siapa yg bertugas membuat/dekorasi peralatan, order kue, memesan peralatan, sampai yang datang duluan untuk mendekorasi tempat. Makin Lama banyak dekor yg mau dipakai, semakin byk pula waktu yang hendak dibutuhkan. Extra positif cicil tiap 24 jam bersama jangan tdk ingat kabari teman-temanmu udah hingga mana perkembangannya.

Senantiasa ingatkan teman-temanmu apa yg sudah dan apa yg blm karena pace kerja semua orang belom tentu sama. Jika dirasa sulit, komunikasikan bersama cari solusinya bersama. Membuat props utk bridal shower menyenangkan kok, asalkan agan sabar, telaten dengan tdk berantakan mengerjakannya

BUAT DRESS BANDUNG
Keep in Touch dengan Kandidat Pengantin
Ini juga tak kalah penting. Sebab pesta calon pengantin juga bersifat surprise party, pastikan kalo bakal pengantin mampu hadir di wadah dengan wkt yang udah ditentukan. Tdk Boleh hingga tiba-tiba bintang primer nggak bisa datang sementara itu seluruh udah dipesan, sayang kan?

Meluangkan wkt sebelum wedding juga sesungguhnya merupakan kasus yg pelik buat bakal pengantin. Jadi ungkapkan keinginanmu k'lo jurangan & teman-teman lainnya memang hendak bertemu bersama berkumpul sebelum melepas waktu lajang. Dia pasti akan memaklumi maksud baikmu.

BUAT DRESS BANDUNG
Sediakan Mini Permainan Problem Pembicaraan
Jika takut acara garing dengan kata lain kehabisan pembicaraan, kamu juga mampu berburu saran fun games yang mampu dimainkan bersama. Kalau acara direncanakan berlangsung lama, siapkan juga topik-topik yg bakal didiskusikan, sebagaimana kesiapan calon mempelai wanita dalam mempersiapkan pernikahan. Enggak jarang, bakal pengantin berada di puncak stress tertingginya jadi pembaca juga dapat membuka bagian curhat agar kandidat brides merasa lega ada yg mendengarkan.

BUAT DRESS BANDUNG
Double-Check Perlengkapan Sebelum Berangkat
Krn masa yg saya memiliki sangat terbatas, saya enggak sempat mengecek apakah huruf yg saya print utk menciptakan banner sudah lengkap sebelum berangkat. Ternyata, sesampainya di sana saya baru sadar ada 1 helai yg blm di-print. Akhirnya banner yang seharusnya bertuliskan “Bride-To-Be” semata-mata sanggup menjadi “Bride” saja Belum lagi kertas pom pom flower yang belum dikembangkan dengan ternyata memerlukan wkt yang hanya lama karna kami baru kesatu kali menerapkan paper flower seperti ini. Jadi, senantiasa double-check ya girls!

BUAT DRESS BANDUNG
Have Fun dan Take Photos!
Setibanya di wadah kegiatan berlangsung, tata seluruh peralatan di atas meja/dinding, sediakan kejutan sebaik mungkin beserta have fun! Jika bro/sis mengerjakan semuanya dari hati, pasti hasil kerja keras kita akan kelihatan bersama menyentuh hati calon brides
 BUAT DRESS BANDUNG

BUAT DRESS BANDUNG

BUAT DRESS BANDUNG

LihatTutupKomentar