GAUN JINGGA

 GAUN JINGGA

GAUN JINGGA
Budaya pesta calon mempelai rasanya udah berubah kondisi yang lumrah diadakan untuk kandidat pengantin yg mau menikah, khususnya yg tinggal di ibukota. Memandang foto-foto pesta calon pengantin di medsos khususnya para artis yg wah bersama cute, saya pun sesudahnya berpikir “Ahhhh penulis pun hendak mengadakan bridal shower!” Tetapi bagi siapa? Setelah saya berpikir sebagaimana itu, tiba-tiba saya dihubungi sahabat penulis yg berencana menikah bln depan dengan dia pun mengajak ketemuan. Penulis pun terbesit utk mengadakan pesta calon pengantin kecil-kecilan utk sahabat saya bersama 1 orang teman. Sebab wkt mepet (hanya 3 hari!) dengan nominal partisipan hyn 3 orang total udah termuat kandidat pengantin, kami pun memutuskan untuk menjalani semuanya sendiri, dengan kata lain DIY (Do-It-Yourself).

GAUN JINGGA
Menurut kabar yang saya baca, definisi Pesta Bujang Cewe adalah:
  • Pesta single yg diadakan oleh teman-teman dekat & saudara bakal mempelai wanita
  • Penyelenggara perhelatan ini biasanya para bridesmaid yang ditunjuk
  • Tamu yg hadir waktu pesta bujang cewe yakni tamu yang diundang ke perjamuan pernikahan
  • Biasanya juga berubah kejutan acara yang direncanakan diam-diam tanpa sepengetahuan kandidat pengantin
  • Diadakan 4-6 minggu sebelum tanggal pernikahan (untuk menghindari kesibukan bakal brides yang makin lama menumpuk menjelang 24 jam H)

K'Lo menurut tradisi barat, bridal shower juga menjadi ajang calon mempelai membuka kado yang diberikan oleh para teman-teman & saudara. Namun di Indonesia, kita baru menyampaikan ang pao/hadiah di 24 jam H pernikahan, jadi saya enggak mengadaptasi budaya yang 1 ini pd pesta calon pengantin yang saya adakan. Berikut tips mengadakan bridal shower DIY dari experiance saya:

GAUN JINGGA
Cari Referensi dan Tentukan Sketsa Warna
Bagi yang belum familiar dgn bridal shower, lakukan pengkajian sebanyak mungkin utk menonton seperti apa dekorasinya, apa saja yg dibutuhkan, dll. Cari referensi sebanyak-banyaknya dengan searching via Google Images maupun Pinterest. Setelah ada bayangan, tentukan konsepsi corak yang bakal digunakan. Tidak ada patokan warna yg paten buat bridal shower, tapi umumnya menggunakan warna-warna yg cerah. Berhubung sahabat penulis demen warna hijau, rencana pesta bujang cewe yang saya pakekan ialah “Fifty Shades of Green” dgn berbagai rupa ragam gradasi warna hijau dgn base warna putih.

GAUN JINGGA
Tentukan Berapa Byk Dekorasi yg Diharuskan & Budget yg Tersedia
Nominal dekorasi memutuskan budget yang bakal dikeluarkan. Peralatan dekorasi yang kepingin diperlukan pun fleksibel & dpt disesuaikan dengan keperluan bersama kemampuan. Misalnya, penulis mau balon warna hijau dengan putih tetapi enggak mempunyai pompa balon, jadi saya putuskan nggak kudu gunakan balon ataupun ornamen yang bersifat digantung di plafon krn memasangnya sulit.Ini list peralatan yang saya gunakan:
  • Taplak meja putih
  • Pigura
  • Stationary set (placemat, table name card, tusukan kue mangkok serta welcome sign untuk pigura)
  • Cupcake
  • Pom pom paper flower
  • Artifical flower + vas botol
  • Bendera/banner “bride to be”
  • Veil + selempang
Hubungi teman-temanmu beserta cari apakah ada yang bisa dipinjam, tentukan mana yg mesti diurus beserta mana yg butuh dibeli. Utk stationary, teman saya yang mendesain (bisa ambil free template) selanjutnya saya yang print di rumah. Pigura, taplak meja beserta tanaman dibawa dari rumah. Pom pom paper flower bersama cupcake usah beli krn tidak sempat membikin sendiri. Veil + selempang pinjam dari rekan yang sebelumnya sempat mengadakan bridal shower, selanjutnya bagi vas botol saya bagi seorang diri dari termos UCSeribu yg ditempel renda beserta pita. Utk banner penulis ambil free template sesudahnya dicetak di kertas manila putih.

GAUN JINGGA
Cari Wadah yang Setakar & Utk ReservasiBila sudah ada gambaran berkenaan dekorasi, selekasnya cari restoran/cafe yg akan dipake sbg venue & segera hubungi via telepon. Wadah juga sanggup menjadi soal bakal riasan & budgetmu karena enggak seluruh tempat mengizinkan meja/temboknya didekor serta sebagian ruang juga mengenakan charge. Jadi, pastikan lebih dulu ada/tidaknya charge ekstra dan boleh/tidaknya mendekorasi restoran/cafe yang bakal agan kunjungi. Kebetulan pegawainya pun ramah-ramah serta enggak keberatan diminta mengambil gambar foto sungguhpun suasana cafe sedang ramai waktu itu.

Kalau restoran/cafe yang bakal kamu pakai senantiasa ramai masa weekend, lebih baik reservasi extra dulu H-1 via telepon agar sanggup dapat spot & nominal meja bangku yg sesuai.

GAUN JINGGA

 GAUN JINGGA

Untuk To-Do-List beserta Update Progress
K'Lo dekor bersama wadah sudah di-booking, segera utk tugas bagi memastikan siapa yg bertugas membuat/dekorasi peralatan, order kue, pesan peralatan, sampai yg datang duluan utk mendekorasi tempat. Semakin banyak dekorasi yg hendak dipakai, lama kelamaan byk pula masa yang bakal dibutuhkan. Ekstra positif cicil masing-masing day serta nggak boleh tdk ingat kabari teman-temanmu udah hingga mana perkembangannya.

Terus-Menerus ingatkan teman-temanmu apa yg udah beserta apa yang belom sebab pace kerja semua orang belom pasti sama. Jika dirasa sulit, komunikasikan serta cari solusinya bersama. Menghasilkan props untuk pesta calon mempelai menyenangkan kok, asalkan bapak/ibu sabar, telaten bersama tdk berantakan mengerjakannya

GAUN JINGGA
Keep in Touch dgn Calon Pengantin
Ini juga nggak kalah penting. Karena bridal shower juga bersifat kejutan party, pastikan kalo bakal pengantin dpt hadir di ruang bersama waktu yang udah ditentukan. Tdk Boleh hingga tiba-tiba bintang utama enggak dpt datang sedangkan seluruh udah dipesan, sayang kan?

Meluangkan masa sebelum wedding juga sedianya yakni persoalan yang pelik buat bakal pengantin. Jadi ungkapkan keinginanmu kalau bapak/ibu dan teman-teman lainnya memang hendak bertemu & berkumpul sebelum melepas masa lajang. Dia pasti bakal mengetahui maksud baikmu.

GAUN JINGGA
Siapkan Mini Permainan Ihwal Pembicaraan
Kalo takut kegiatan garing dgn kata lain kehabisan pembicaraan, jurangan juga dapat melacak referensi fun games yang mampu dimainkan bersama. Jika acara direncanakan berlangsung lama, persiapkan juga topik-topik yg bakal didiskusikan, seperti kesiapan bakal pengantin cewek dalam mempersiapkan pernikahan. Nggak jarang, kandidat mempelai berada di puncak stress tertingginya jadi bapak/ibu juga dapat membuka putaran curhat agar kandidat mempelai merasa lega ada yg mendengarkan.

GAUN JINGGA
Double-Check Perlengkapan Sebelum Berangkat
Karena waktu yang penulis memiliki amat terbatas, penulis enggak sempat mengecek apakah huruf yg saya print bakal membuat banner udah lengkap sebelum berangkat. Ternyata, sesampainya di sana penulis baru ingat ada 1 lembar yg belum di-print. Akhirnya banner yang sepatutnya bertuliskan “Bride-To-Be” hanya mampu menjadi “Bride” saja Blm lagi pom pom paper flower yang belum dikembangkan beserta nyatanya memerlukan waktu yang cukup lama karna kami baru kesatu kali memakekan paper flower serupa ini. Jadi, senantiasa double-check ya girls!

GAUN JINGGA
Bersenang-Senang dan Take Photos!
Setibanya di ruang kegiatan berlangsung, tata seluruh peralatan di atas meja/dinding, sediakan kejutan sebaik mungkin dengan have fun! Jika pembaca mengerjakan semuanya dari hati, pasti hasil akhir kerja keras kita akan muncul & menyentuh hati kandidat mempelai
 GAUN JINGGA

GAUN JINGGA

GAUN JINGGA

LihatTutupKomentar