BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG

 BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG

BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG
Budaya pesta calon mempelai rasanya udah menjelma problem yg lumrah diadakan bakal calon brides yg hendak menikah, terutama yang tinggal di ibukota. Melihat foto-foto bridal shower di instagram, facebook, twitter, dll khususnya para celebritis yang wah dan cute, saya pun lalu berpikir “Ahhhh saya pun kepingin mengadakan bridal shower!” Namun utk siapa? Setelah saya berpikir serupa itu, tiba-tiba penulis dihubungi teman saya yg berencana menikah bulanan depan & dia pun mengajak ketemuan. Penulis pun terbesit untuk mengadakan pesta bujang cewe kecil-kecilan utk teman saya bersama 1 orang teman. Krn wkt mepet (hanya 3 hari!) dengan total partisipan semata-mata 3 orang total sudah tersisip kandidat pengantin, kami pun memutuskan bakal menjalankan semuanya sendiri, dengan kata lain DIY (Do-It-Yourself).

BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG
Menurut informasi yg penulis baca, definisi Pesta Calon Pengantin adalah:
  • Pesta belum berpasangan yang diadakan oleh teman-teman dekat serta saudara kandidat mempelai wanita
  • Penyelenggara acara ini kebanyakan para bridesmaid yg ditunjuk
  • Tamu yang hadir saat bridal shower yakni tamu yang diundang ke pesta pernikahan
  • Lazimnya juga berubah surprise pesta yang direncanakan diam-diam minus sepengetahuan calon pengantin
  • Diadakan 4-6 minggu sebelum tanggal wedding (untuk meluputkan kesibukan calon mempelai yang makin lama menumpuk menjelang hari H)

Kalau menurut tradisi barat, pesta calon mempelai juga menjadi ajang calon brides membuka kado yg diberikan oleh para teman-teman dengan saudara. Tetapi di Indonesia, kita baru membagikan ang pao/hadiah di 24 jam H pernikahan, jadi saya tak mengadaptasi budaya yg 1 ini pd pesta calon mempelai yg penulis adakan. Berikut strategi mengadakan pesta bujang cewe DIY dari pengalaman saya:

BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG
Cari Rekomendasi & Tentukan Tema Warna
Bakal yang belom familiar dgn bridal shower, lakukan pendalaman sebanyak mungkin bakal menengok sebagaimana apa dekorasinya, apa saja yang dibutuhkan, dll. Cari saran sebanyak-banyaknya dgn searching via Google Images ataupun Pinterest. Setelah ada bayangan, tentukan konsepsi corak yg hendak digunakan. Nggak ada patokan corak yg paten buat bridal shower, tetapi umumnya memakaikan warna-warna yg cerah. Berhubung teman penulis kesenangan warna hijau, rencana pesta calon mempelai yang penulis pakekan merupakan “Fifty Shades of Green” dengan berbagai rupa variasi gradasi corak hijau dgn base warna putih.

BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG
Tentukan Berapa Byk Dekorasi yg Mesti & Uang yang Tersedia
Jumlah dekor menentukan ongkos yg mau dikeluarkan. Peralatan dekorasi yg hendak dipegunakan pun fleksibel dan mampu disesuaikan dengan kepentingan serta kemampuan. Misalnya, penulis kepingin balon warna hijau beserta putih tapi tak mempunyai pompa balon, jadi penulis putuskan tidak kudu pake balon ataupun penghias yang bersifat digantung di plafon krn memasangnya sulit.Ini list peralatan yang penulis gunakan:
  • Taplak meja putih
  • Pigura
  • Stationary set (placemat, table name card, tusukan kue mangkok dan welcome sign utk pigura)
  • Cupcake
  • Pom pom paper flower
  • Artifical flower + vas botol
  • Bendera/banner “bride to be”
  • Veil + selempang
Hubungi teman-temanmu beserta cari apakah ada yg sanggup dipinjam, tentukan mana yang kudu diproses dan mana yang kudu dibeli. Buat stationary, temen penulis yang mendesain (bisa ambil free template) kemudian saya yang print di rumah. Pigura, taplak meja bersama tanaman dibawa dari rumah. Pom pom paper flower serta kue mangkok harus beli karna tak sempat mengakibatkan sendiri. Veil + selempang pinjam dari teman yg sebelumnya tahu mengadakan bridal shower, setelah itu utk vas botol penulis buat mandiri dari botol UC1000 yang ditempel renda dan pita. Untuk banner saya ambil free template kemudian dicetak di kertas manila putih.

BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG
Cari Wadah yang Sebati dengan Bakal ReservasiK'Lo sudah ada gambaran berhubungan dekorasi, segera cari restoran/cafe yg akan diperlukan sebagai venue beserta ekspres hubungi via telepon. Tempat juga mampu menjelma urusan untuk dekorasi serta budgetmu karna nggak seluruh tempat mengizinkan meja/temboknya didekor bersama tidak semua wadah juga mengenakan charge. Jadi, pastikan extra dulu ada/tidaknya charge lbh dan boleh/tidaknya mendekorasi restoran/cafe yg akan agan kunjungi. Kebetulan pegawainya pun ramah-ramah dan nggak keberatan diminta mengambil gambar foto biarpun suasana cafe sedang ramai waktu itu.

K'Lo restoran/cafe yg bakal jurangan pake senantiasa ramai wkt weekend, lebih positif reservasi extra dulu H-1 via telepon supaya dpt dpt spot beserta jumlah meja kursi yg sesuai.

BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG

 BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG

Utk To-Do-List dengan Update Progress
K'Lo dekor bersama tempat udah di-booking, selekasnya bagi tugas utk memastikan siapa yang bertugas membuat/dekorasi peralatan, memesan kue, pesan peralatan, hingga yang datang duluan buat mendekorasi tempat. Lama Kelamaan byk hiasan yg kepingin dipakai, lama kelamaan banyak pula waktu yang mau dibutuhkan. Lebih baik cicil tiap hari dan nggak boleh tidak ingat kabari teman-temanmu sudah sampai mana perkembangannya.

Selalu ingatkan teman-temanmu apa yang udah & apa yang blm sebab pace kerja semua orang belom puguh sama. Jika dirasa sulit, komunikasikan beserta cari solusinya bersama. Menciptakan props buat pesta bujang cewe menyenangkan kok, asalkan bapak/ibu sabar, telaten bersama tidak berantakan mengerjakannya

BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG
Keep in Touch dengan Calon Pengantin
Ini juga nggak kalah penting. Karena pesta bujang cewe juga bersifat kejutan party, pastikan k'lo bakal mempelai mampu hadir di tempat dan waktu yg sudah ditentukan. Nggak Boleh sampai tiba-tiba bintang esensial tak sanggup datang sedangkan semua sudah dipesan, sayang kan?

Meluangkan waktu sebelum pernikahan juga sesungguhnya merupakan soal yg susah buat kandidat pengantin. Jadi ungkapkan keinginanmu k'lo anda bersama teman-teman lainnya emang ingin bertemu & berkumpul sebelum melepas saat lajang. Dia pasti mau menyadari maksud baikmu.

BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG
Persiapkan Mini Games Kondisi Pembicaraan
Jika takut hajatan garing dgn kata lain kehabisan pembicaraan, jurangan juga bisa memilih referensi fun games yang dapat dimainkan bersama. K'Lo kegiatan direncanakan berlangsung lama, siapkan juga topik-topik yg hendak didiskusikan, serupa kesiapan kandidat pengantin cewe dlm mempersiapkan pernikahan. Tidak jarang, bakal mempelai berada di puncak stress tertingginya jadi anda juga dapat membuka putaran curhat supaya bakal pengantin merasa lega ada yang mendengarkan.

BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG
Double-Check Perlengkapan Sebelum Berangkat
Sebab wkt yang saya memiliki sangat terbatas, penulis tak sempat mengecek apakah huruf yang saya print bakal membuat banner sudah lengkap sebelum berangkat. Ternyata, sesampainya di sana saya baru ingat ada 1 lembar yang blm di-print. Akhirnya banner yang selayaknya bertuliskan “Bride-To-Be” cuma dpt berubah “Bride” saja Belum lagi kertas pom pom flower yg blm dikembangkan dengan ternyata memerlukan wkt yg cuman lama krn kami baru pertama kali memakekan paper flower sebagaimana ini. Jadi, senantiasa double-check ya girls!

BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG
Have Fun dengan Take Photos!
Setibanya di tempat acara berlangsung, tata seluruh peralatan di atas meja/dinding, siapkan surprise sebaik mungkin beserta have fun! Jika pembaca mengerjakan semuanya dari hati, pasti hasil kerja keras kita bakal terlihat serta menyentuh hati kandidat mempelai
 BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG

BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG

BIKIN GAUN DUYUNG BANDUNG

LihatTutupKomentar