DRESS BROKAT

 DRESS BROKAT

DRESS BROKAT
Budaya pesta calon mempelai rasanya udah menjelma urusan yg lumrah diadakan bakal calon pengantin yang akan menikah, terutama yg tinggal di ibukota. Melihat foto-foto pesta calon mempelai di media sosial khususnya para celeb yang wah dengan cute, saya pun selanjutnya berpikir “Ahhhh saya pun mau mengadakan bridal shower!” Namun buat siapa? Setelah penulis berpikir seperti itu, tiba-tiba saya dihubungi sahabat saya yang berencana menikah bulanan depan dan dia pun mengajak ketemuan. Penulis pun terbesit bagi mengadakan pesta calon pengantin kecil-kecilan utk sahabat penulis bersama 1 orang teman. Karena masa mepet (hanya 3 hari!) beserta jumlah peserta hanya 3 orang total sudah tertanam bakal pengantin, kami pun memutuskan bagi menjalani semuanya sendiri, alias DIY (Do-It-Yourself).

DRESS BROKAT
Menurut artikel yg penulis baca, definisi Pesta Bujang Cewe adalah:
  • Pesta belom berpasangan yg diadakan oleh teman-teman dekat dengan saudara calon mempelai wanita
  • Penyelenggara perayaan ini biasanya para bridesmaid yg ditunjuk
  • Tamu yang hadir wkt pesta calon mempelai merupakan tamu yg diundang ke pesta pernikahan
  • Kebanyakan juga berubah surprise perayaan yg direncanakan diam-diam tidak perlu sepengetahuan bakal pengantin
  • Diadakan 4-6 minggu sebelum tanggal perkawinan (untuk menjauhi kesibukan bakal mempelai yang semakin menumpuk menjelang 24 hour H)

K'Lo menurut tradisi barat, bridal shower juga berubah ajang bakal mempelai membuka kado yang diberikan oleh para teman-teman beserta saudara. Tetapi di Indonesia, kita baru menghadiahkan ang pao/hadiah di 24 hour H pernikahan, jadi penulis tak mengadaptasi budaya yang 1 ini pada pesta bujang cewe yang penulis adakan. Berikut strategi mengadakan pesta calon pengantin DIY dari experiance saya:

DRESS BROKAT
Cari Rekomendasi dan Tentukan Tema Warna
Utk yg blm familiar dgn bridal shower, lakukan pendalaman sebanyak mungkin bakal memandang semacam apa dekorasinya, apa saja yang dibutuhkan, dll. Cari saran sebanyak-banyaknya dgn searching via Google Images ataupun Pinterest. Setelah ada bayangan, tentukan ide warna yg hendak digunakan. Tidak ada patokan corak yg paten untuk bridal shower, tetapi umumnya memakaikan warna-warna yg cerah. Berhubung sahabat saya demen warna hijau, draf pesta bujang cewe yang penulis gunakan adalah “Fifty Shades of Green” dengan bermacam-macam variasi gradasi warna hijau dgn base corak putih.

DRESS BROKAT
Tentukan Berapa Byk Riasan yg Mesti dengan Budget yg Tersedia
Nominal ornamen memutuskan dana yang hendak dikeluarkan. Peralatan ornamen yang kepingin diperlukan pun fleksibel & mampu disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan. Misalnya, saya ingin balon warna hijau dan putih tapi enggak punya pompa balon, jadi penulis putuskan tak mesti gunakan balon maupun penghias yang bersifat digantung di plafon krn memasangnya sulit.Ini list peralatan yg penulis gunakan:
  • Taplak meja putih
  • Pigura
  • Stationary set (placemat, table name card, tusukan cupcake dan welcome sign bagi pigura)
  • Cupcake
  • Pom pom paper flower
  • Artifical flower + vas botol
  • Bendera/banner “bride to be”
  • Veil + selempang
Hubungi teman-temanmu dengan cari apakah ada yg sanggup dipinjam, tentukan mana yg kudu diciptakan dan mana yg wajib dibeli. Utk stationary, temen penulis yg mendesain (bisa ambil free template) selanjutnya saya yg print di rumah. Pigura, taplak meja serta bunga dibawa dari rumah. Pom pom paper flower & cupcake perlu membeli sebab tak sempat bikin sendiri. Veil + selempang pinjam dari teman yang sebelumnya tahu mengadakan bridal shower, selanjutnya untuk vas botol penulis bakal sendiri dari termos UC1000 yg ditempel renda dengan pita. Untuk banner saya ambil free template lalu dicetak di kertas manila putih.

DRESS BROKAT
Cari Wadah yang Sinkron & Bagi ReservasiJika udah ada gambaran tentang dekorasi, segera cari restoran/cafe yg bakal dipegunakan sebagai venue dan secepatnya hubungi via telepon. Ruang juga bisa menjadi persoalan bagi riasan dan budgetmu sebab enggak seluruh ruang mengizinkan meja/temboknya didekor dan tidak semua ruang juga mengenakan charge. Jadi, pastikan ekstra dulu ada/tidaknya charge extra beserta boleh/tidaknya mendekorasi restoran/cafe yang mau pembaca kunjungi. Kebetulan pegawainya pun ramah-ramah bersama tak keberatan diminta mengambil foto kendatipun suasana cafe sedang ramai waktu itu.

Kalo restoran/cafe yg hendak bapak/ibu pake senantiasa ramai waktu weekend, extra positif reservasi lbh dulu H-1 via telepon agar dpt bisa spot dan total meja kursi yg sesuai.

DRESS BROKAT

 DRESS BROKAT

Buat To-Do-List dengan Update Progress
Kalau penghias dan tempat sudah di-booking, ekspres buat tugas utk memastikan siapa yang bertugas membuat/dekorasi peralatan, order kue, belanja peralatan, hingga yg datang duluan bakal mendekorasi tempat. Semakin byk ornamen yang hendak dipakai, makin lama byk pula waktu yg mau dibutuhkan. Lebih positif cicil masing-masing 24 jam beserta tdk boleh nggak ingat kabari teman-temanmu sudah sampai mana perkembangannya.

Senantiasa ingatkan teman-temanmu apa yang sudah dengan apa yang belum sebab pace kerja semua orang belom pasti sama. Jika dirasa sulit, komunikasikan dengan cari solusinya bersama. Menghasilkan props untuk pesta calon mempelai menyenangkan kok, asalkan anda sabar, telaten bersama tidak berantakan mengerjakannya

DRESS BROKAT
Keep in Touch dengan Kandidat Pengantin
Ini juga nggak kalah penting. Sebab bridal shower juga bersifat kejutan party, pastikan bila kandidat brides dpt hadir di tempat dan masa yg udah ditentukan. Nggak Boleh sampai tiba-tiba bintang pokok enggak mampu datang sedangkan semua udah dipesan, sayang kan?

Meluangkan waktu sebelum wedding juga sebetulnya yakni masalah yg sulit buat calon pengantin. Jadi ungkapkan keinginanmu k'lo agan bersama teman-teman lainnya emang hendak bertemu dengan berkumpul sebelum melepas waktu lajang. Dia pasti hendak menyadari maksud baikmu.

DRESS BROKAT
Persiapkan Mini Permainan Problem Pembicaraan
Kalo takut hajatan garing alias kehabisan pembicaraan, kamu juga dpt menyelidik saran fun permainan yang sanggup dimainkan bersama. Kalo agenda direncanakan berlangsung lama, sediakan juga topik-topik yg akan didiskusikan, serupa kesiapan kandidat mempelai cewe dalam mempersiapkan pernikahan. Tidak jarang, calon pengantin berada di puncak stress tertingginya jadi agan juga sanggup membuka babak curhat supaya kandidat mempelai merasa lega ada yang mendengarkan.

DRESS BROKAT
Double-Check Perlengkapan Sebelum Berangkat
Krn masa yang penulis memiliki sangat terbatas, penulis tidak sempat mengecek apakah huruf yang saya print untuk membuat banner udah lengkap sebelum berangkat. Ternyata, sesampainya di sana saya baru ingat ada 1 helai yang belum di-print. Akhirnya banner yang sepatutnya bertuliskan “Bride-To-Be” cukup sanggup menjadi “Bride” saja Belom lagi pom pom paper flower yang blm dikembangkan bersama ternyata membutuhkan masa yg cukup lama karna kami baru pertama kali menggunakan paper flower serupa ini. Jadi, terus-menerus double-check ya girls!

DRESS BROKAT
Have Fun serta Take Photos!
Setibanya di tempat agenda berlangsung, tata seluruh peralatan di atas meja/dinding, persiapkan kejutan sebaik mungkin serta have fun! Jika boss mengerjakan semuanya dari hati, pasti otput kerja keras kita mau terlihat & menyentuh hati calon brides
 DRESS BROKAT

DRESS BROKAT

DRESS BROKAT

LihatTutupKomentar