BIKIN DRESS JINGGA

 BIKIN DRESS JINGGA

BIKIN DRESS JINGGA
Budaya pesta calon mempelai rasanya sudah berubah kondisi yg lumrah diadakan bakal bakal brides yang akan menikah, teristimewa yang tinggal di ibukota. Menengok foto-foto pesta calon mempelai di instagram, facebook, twitter, dll khususnya para celebritis yg wah serta cute, penulis pun kemudian berpikir “Ahhhh saya pun pengen mengadakan bridal shower!” Tapi buat siapa? Setelah penulis berpikir serupa itu, tiba-tiba saya dihubungi teman penulis yang berencana merid 31 hari depan dan dia pun mengajak ketemuan. Saya pun terbesit utk mengadakan pesta calon pengantin kecil-kecilan untuk sahabat saya bersama 1 orang teman. Karena masa mepet (hanya 3 hari!) & total peserta hyn 3 orang total sudah terhitung bakal pengantin, kami pun memutuskan utk melaksanakan semuanya sendiri, dengan kata lain DIY (Do-It-Yourself).

BIKIN DRESS JINGGA
Menurut berita yg saya baca, definisi Bridal Shower adalah:
  • Perayaan belum ada pasangan yang diadakan oleh teman-teman dekat bersama saudara kandidat pengantin wanita
  • Penyelenggara pesta ini umumnya para bridesmaid yg ditunjuk
  • Tamu yg hadir masa pesta calon mempelai yaitu tamu yang diundang ke resepsi pernikahan
  • Kebanyakan juga berubah kejutan perayaan yang direncanakan diam-diam nggak pake sepengetahuan calon pengantin
  • Diadakan 4-6 minggu sebelum tanggal pernikahan (untuk melepaskan kesibukan calon pengantin yang makin lama menumpuk menjelang 24 jam H)

Bila menurut tradisi barat, pesta calon pengantin juga berubah ajang kandidat brides membuka kado yg dilayangkan oleh para teman-teman beserta saudara. Tetapi di Indonesia, kita baru menyampaikan ang pao/hadiah di day H pernikahan, jadi penulis nggak mengadaptasi budaya yg 1 ini pada bridal shower yg saya adakan. Berikut teknik mengadakan pesta calon pengantin DIY dari pengetahuan saya:

BIKIN DRESS JINGGA
Cari Rekomendasi dengan Tentukan Rencana Warna
Buat yg belom familiar dgn bridal shower, lakukan penyelidikan sebanyak mungkin untuk melihat sebagaimana apa dekorasinya, apa saja yg dibutuhkan, dll. Cari rekomendasi sebanyak-banyaknya dengan searching via Google Images ataupun Pinterest. Setelah ada bayangan, tentukan rencana corak yang bakal digunakan. Tak ada patokan corak yg paten bagi bridal shower, namun umumnya menerapkan warna-warna yang cerah. Berhubung sahabat saya hobi corak hijau, rencana bridal shower yang saya gunakan ialah “Fifty Shades of Green” dengan beraneka macam variasi gradasi warna hijau dengan base corak putih.

BIKIN DRESS JINGGA
Tentukan Berapa Byk Riasan yang Diperlukan bersama Budget yg Tersedia
Nominal penghias memutuskan bujet yg bakal dikeluarkan. Peralatan ornamen yang pengen dipakai pun fleksibel & dapat disesuaikan dengan keinginan bersama kemampuan. Misalnya, penulis pengen balon corak hijau serta putih namun tidak memiliki pompa balon, jadi penulis putuskan nggak usah pakai balon maupun dekor yang bersifat digantung di plafon karena memasangnya sulit.Ini list peralatan yang saya gunakan:
  • Taplak meja putih
  • Pigura
  • Stationary set (placemat, table name card, tusukan kue mangkok dan welcome sign buat pigura)
  • Cupcake
  • Pom pom paper flower
  • Artifical flower + vas botol
  • Bendera/banner “bride to be”
  • Veil + selempang
Hubungi teman-temanmu dan cari apakah ada yg mampu dipinjam, tentukan mana yang butuh dirancang bersama mana yang perlu dibeli. Bakal stationary, rekan penulis yg mendesain (bisa ambil free template) lantas penulis yang print di rumah. Pigura, taplak meja serta bunga dibawa dari rumah. Pom pom paper flower dan kue mangkok harus membeli karena enggak sempat bikin sendiri. Veil + selempang pinjam dari rekan yang sebelumnya tahu mengadakan bridal shower, sesudahnya bakal vas botol saya utk independen dari botol UC1000 yang ditempel renda serta pita. Bakal banner saya ambil free template lalu dicetak di kertas manila putih.

BIKIN DRESS JINGGA
Cari Wadah yg Pantas dengan Bagi ReservasiKalau udah ada gambaran tentang dekorasi, selekasnya cari restoran/cafe yang hendak digunakan sebagai venue bersama selekasnya hubungi via telepon. Wadah juga mampu menjelma hal utk dekor & budgetmu krn nggak seluruh ruang mengizinkan meja/temboknya didekor serta tdk semua wadah juga mengenakan charge. Jadi, pastikan lebih dulu ada/tidaknya charge lbh dengan boleh/tidaknya mendekorasi restoran/cafe yang mau kamu kunjungi. Kebetulan pegawainya pun ramah-ramah & nggak keberatan diminta mengambil photo sekalipun suasana cafe sedang ramai wkt itu.

Kalau restoran/cafe yg akan boss pake terus-menerus ramai wkt weekend, lebih bagus reservasi ekstra dulu H-1 via telepon supaya sanggup dpt spot & besaran meja tempat duduk yg sesuai.

BIKIN DRESS JINGGA

 BIKIN DRESS JINGGA

Bakal To-Do-List & Update Progress
Jika riasan dan wadah sudah di-booking, segera utk tugas utk memutuskan siapa yang bertugas membuat/dekorasi peralatan, memesan kue, membeli peralatan, sampai yg datang duluan utk mendekorasi tempat. Makin Lama banyak hiasan yg pengen dipakai, semakin byk pula masa yang hendak dibutuhkan. Extra positive cicil setiap day bersama nggak boleh tdk ingat kabari teman-temanmu sudah hingga mana perkembangannya.

Selamanya ingatkan teman-temanmu apa yang sudah bersama apa yang belom krn pace kerja semua orang blm puguh sama. Jika dirasa sulit, komunikasikan dan cari solusinya bersama. Membuat props buat pesta bujang cewe menyenangkan kok, asalkan bapak/ibu sabar, telaten bersama rapi mengerjakannya

BIKIN DRESS JINGGA
Keep in Touch dgn Bakal Pengantin
Ini juga tidak kalah penting. Karna pesta calon pengantin juga bersifat surprise party, pastikan k'lo kandidat pengantin dpt hadir di tempat dan masa yang sudah ditentukan. Nggak Boleh sampai tiba-tiba bintang utama tidak sanggup datang padahal seluruh sudah dipesan, sayang kan?

Meluangkan waktu sebelum perkawinan juga sedianya yaitu kondisi yg susah bakal bakal pengantin. Jadi ungkapkan keinginanmu k'lo agan & teman-teman lainnya sebenarnya pengen bertemu & berkumpul sebelum melepas masa lajang. Dia pasti mau menyadari maksud baikmu.

BIKIN DRESS JINGGA
Sediakan Mini Games Ihwal Pembicaraan
Kalo takut acara garing alias kehabisan pembicaraan, kamu juga sanggup memeriksa rekomendasi fun games yang bisa dimainkan bersama. Kalo perhelatan direncanakan berlangsung lama, persiapkan juga topik-topik yang hendak didiskusikan, semacam kesiapan bakal pengantin wanita dlm mempersiapkan pernikahan. Nggak jarang, bakal pengantin berada di puncak stress tertingginya jadi agan juga sanggup membuka babak curhat supaya bakal brides merasa lega ada yg mendengarkan.

BIKIN DRESS JINGGA
Double-Check Perlengkapan Sebelum Berangkat
Karena wkt yg penulis mempunyai sangat terbatas, penulis nggak sempat mengecek apakah huruf yang penulis print bakal membuat banner udah lengkap sebelum berangkat. Ternyata, sesampainya di sana penulis baru ingat ada 1 lembar yang belum di-print. Akhirnya banner yg sewajarnya bertuliskan “Bride-To-Be” semata-mata sanggup menjadi “Bride” saja Belum lagi pom pom paper flower yang belom dikembangkan & nyatanya memerlukan wkt yang cuman lama krn kami baru pertama kali menggunakan paper flower seperti ini. Jadi, terus-menerus double-check ya girls!

BIKIN DRESS JINGGA
Have Fun serta Take Photos!
Setibanya di tempat perhelatan berlangsung, tata seluruh peralatan di atas meja/dinding, siapkan kejutan sebaik mungkin beserta have fun! Jika pembaca mengerjakan semuanya dari hati, pasti otput kerja keras kita hendak tampak serta menyentuh hati calon brides
 BIKIN DRESS JINGGA

BIKIN DRESS JINGGA

BIKIN DRESS JINGGA

LihatTutupKomentar