DRESS PESTA

 DRESS PESTA

DRESS PESTA
Budaya bridal shower rasanya sudah berubah masalah yang lumrah diadakan bagi bakal pengantin yg mau menikah, teristimewa yg tinggal di ibukota. Memandang foto-foto pesta calon pengantin di social media khususnya para artis yg wah bersama cute, penulis pun selanjutnya berpikir “Ahhhh saya pun hendak mengadakan bridal shower!” Namun utk siapa? Setelah saya berpikir seperti itu, tiba-tiba saya dihubungi teman saya yang berencana menikah 31 hari depan dan dia pun mengajak ketemuan. Saya pun terbesit bagi mengadakan pesta bujang cewe kecil-kecilan bakal sahabat penulis bersama 1 orang teman. Krn waktu mepet (hanya 3 hari!) dan nominal partisipan hyn 3 orang total sudah termuat calon pengantin, kami pun memutuskan buat mengerjakan semuanya sendiri, alias DIY (Do-It-Yourself).

DRESS PESTA
Menurut artikel yg saya baca, definisi Bridal Shower adalah:
  • Acara jomblo yang diadakan oleh teman-teman dekat serta saudara bakal mempelai wanita
  • Penyelenggara acara ini kebanyakan para bridesmaid yg ditunjuk
  • Tamu yg hadir masa pesta bujang cewe yakni tamu yg diundang ke perhelatan pernikahan
  • Rata-Rata juga berubah kejutan perjamuan yg direncanakan diam-diam nggak usah sepengetahuan bakal pengantin
  • Diadakan 4-6 minggu sebelum tanggal pernikahan (untuk menghindari kesibukan bakal brides yang makin lama menumpuk menjelang day H)

Bila menurut tradisi barat, pesta calon mempelai juga menjelma ajang kandidat brides membuka kado yg diberikan oleh para teman-teman beserta saudara. Tapi di Indonesia, kita baru menyerahkan ang pao/hadiah di 24 jam H pernikahan, jadi penulis tak mengadaptasi budaya yg satu ini pd pesta calon pengantin yang penulis adakan. Berikut aturan mengadakan pesta calon mempelai DIY dari experiance saya:

DRESS PESTA
Cari Referensi serta Tentukan Konsep Warna
Buat yg blm familiar dgn bridal shower, lakukan telaah sebanyak mungkin untuk menonton semacam apa dekorasinya, apa saja yg dibutuhkan, dll. Cari saran sebanyak-banyaknya dgn searching via Google Images maupun Pinterest. Setelah ada bayangan, tentukan rencana corak yg bakal digunakan. Tidak ada patokan corak yg paten bagi bridal shower, tetapi umumnya memakaikan warna-warna yang cerah. Berhubung sahabat penulis kesenangan warna hijau, konsep pesta bujang cewe yg saya gunakan ialah “Fifty Shades of Green” dengan bermacam-macam variasi gradasi warna hijau dgn base warna putih.

DRESS PESTA
Tentukan Berapa Banyak Dekorasi yang Kudu beserta Bujet yg Tersedia
Total hiasan memutuskan bujet yang akan dikeluarkan. Peralatan riasan yang ingin digunakan pun fleksibel beserta bisa disesuaikan dengan kebutuhan dengan kemampuan. Misalnya, saya ingin balon corak hijau dengan putih namun enggak memiliki pompa balon, jadi penulis putuskan tak usah gunakan balon ataupun hiasan yang bersifat digantung di plafon sebab memasangnya sulit.Ini list peralatan yang penulis gunakan:
  • Taplak meja putih
  • Pigura
  • Stationary set (placemat, table name card, tusukan cupcake dengan welcome sign untuk pigura)
  • Cupcake
  • Pom pom paper flower
  • Artifical flower + vas botol
  • Bendera/banner “bride to be”
  • Veil + selempang
Hubungi teman-temanmu beserta cari apakah ada yang bisa dipinjam, tentukan mana yang butuh diproduksi bersama mana yg mesti dibeli. Utk stationary, teman saya yang mendesain (bisa ambil free template) kemudian saya yang print di rumah. Pigura, taplak meja dengan kembang dibawa dari rumah. Pom pom paper flower dengan kue mangkok mesti berbelanja karna nggak sempat membuat sendiri. Veil + selempang pinjam dari sahabat yang sebelumnya sudah mengadakan bridal shower, lantas bagi vas botol saya untuk sendiri dari termos UC1000 yang ditempel renda serta pita. Bakal banner penulis ambil free template lalu dicetak di kertas manila putih.

DRESS PESTA
Cari Wadah yang Setakar serta Bakal ReservasiKalau sudah ada gambaran mengenai dekorasi, secepatnya cari restoran/cafe yg akan diperlukan sbg venue dengan secepatnya hubungi via telepon. Wadah juga sanggup menjadi persoalan utk riasan & budgetmu krn enggak seluruh ruang mengizinkan meja/temboknya didekor dan beberapa tempat juga mengenakan charge. Jadi, pastikan ekstra dulu ada/tidaknya charge tambahan bersama boleh/tidaknya mendekorasi restoran/cafe yg bakal jurangan kunjungi. Kebetulan pegawainya pun ramah-ramah bersama tidak keberatan diminta mengambil foto kendatipun suasana cafe sedang ramai waktu itu.

Kalo restoran/cafe yg hendak kamu pake selamanya ramai waktu weekend, ekstra positive reservasi lebih dulu H-1 via telepon supaya bisa mampu spot & besaran meja kursi yang sesuai.

DRESS PESTA

 DRESS PESTA

Utk To-Do-List dan Update Progress
K'Lo dekor beserta tempat udah di-booking, selekasnya utk tugas buat memastikan siapa yang bertugas membuat/dekorasi peralatan, order kue, pesan peralatan, sampai yg datang duluan untuk mendekorasi tempat. Lama Kelamaan banyak dekor yang mau dipakai, lama kelamaan byk pula masa yang mau dibutuhkan. Ekstra baik cicil setiap day serta tidak boleh nggak ingat kabari teman-temanmu udah sampai mana perkembangannya.

Senantiasa ingatkan teman-temanmu apa yg udah dan apa yg blm karna pace kerja seluruh orang belum puguh sama. Jika dirasa sulit, komunikasikan dan cari solusinya bersama. Menciptakan props buat pesta calon pengantin menyenangkan kok, asalkan bro/sis sabar, telaten dan tidak berantakan mengerjakannya

DRESS PESTA
Keep in Touch dengan Kandidat Pengantin
Ini juga nggak kalah penting. Krn pesta bujang cewe juga bersifat surprise party, pastikan jika kandidat brides mampu hadir di wadah bersama waktu yang udah ditentukan. Tdk Boleh hingga tiba-tiba bintang utama nggak sanggup datang sementara itu seluruh sudah dipesan, sayang kan?

Meluangkan masa sebelum wedding juga sebetulnya adalah soal yg rumit bakal bakal pengantin. Jadi ungkapkan keinginanmu k'lo bro/sis dengan teman-teman lainnya sebenarnya pengen bertemu & berkumpul sebelum melepas waktu lajang. Dia pasti akan memaklumi maksud baikmu.

DRESS PESTA
Sediakan Mini Permainan Kasus Pembicaraan
Bila trauma hajatan garing alias kehabisan pembicaraan, boss juga bisa memilih referensi fun games yg dapat dimainkan bersama. Bila hajatan direncanakan berlangsung lama, sediakan juga topik-topik yang mau didiskusikan, sebagaimana kesiapan calon pengantin cewe dlm mempersiapkan pernikahan. Nggak jarang, calon pengantin berada di puncak stress tertingginya jadi jurangan juga dapat membuka sesi curhat supaya bakal mempelai merasa lega ada yg mendengarkan.

DRESS PESTA
Double-Check Perlengkapan Sebelum Berangkat
Sebab waktu yg penulis mempunyai amat terbatas, saya tidak sempat mengecek apakah huruf yang saya print bakal menghasilkan banner udah lengkap sebelum berangkat. Ternyata, sesampainya di sana saya baru sadar ada 1 lembar yang belom di-print. Akhirnya banner yg sepatutnya bertuliskan “Bride-To-Be” hanya dapat berubah “Bride” saja Belum lagi kertas pom pom flower yang blm dikembangkan & ternyata memerlukan wkt yg cuma lama karena kami baru pertama kali memakaikan paper flower seperti ini. Jadi, senantiasa double-check ya girls!

DRESS PESTA
Have Fun beserta Take Photos!
Setibanya di tempat perhelatan berlangsung, tata seluruh peralatan di atas meja/dinding, persiapkan kejutan sebaik mungkin beserta have fun! Jika bro/sis mengerjakan semuanya dari hati, pasti otput kerja keras kita mau terlihat beserta menyentuh hati bakal brides
 DRESS PESTA

DRESS PESTA

DRESS PESTA

LihatTutupKomentar